latest Post

Raih Pemasukan Sekitar Rp458 Miliar, Pokémon GO Antarkan Nintendo Salip Sony

Raih Pemasukan Sekitar Rp458 Miliar, Pokémon GO Antarkan Nintendo Salip Sony

Baru sekitar dua minggu dirilis di beberapa negara, Pokémon GO telah menunjukkan prestasi yang begitu mencengangkan. Menurut sebuah lembaga peneliti Sensor Tower, saat ini Pokémon GO telah diunduh sebanyak 30 juta kali di seluruh dunia.
Prestasi tersebut menjadi lebih fenomenal karena Pokémon GO berhasil meraih 10 juta pengguna pertamanya hanya dalam waktu 7 hari, lebih cepat daripada Clash Royale (9 hari), Candy Crush Jelly Saga (12 hari), dan Angry Birds 2 (19 hari). Tak heran kalau selama dua minggu ini Pokémon GO diperkirakan telah mendapat pemasukan lebih dari US$35 juta (sekitar Rp458 miliar).

Pokemon Go Fastest Reach 10 Million User | Screenshot
Berbagai prestasi tersebut ikut memberikan imbas positif bagi pemegang saham The Pokémon Company, yaitu Nintendo. Valuasi perusahaan game asal Jepang tersebut kini telah mencapai US$42,45 miliar (sekitar Rp555 triliun), melampaui perusahaan teknologi Sony. Di akhir minggu lalu, Nintendo bahkan berhasil memecahkan rekor penjualan saham tertinggi dalam sehari di Jepang.
Untuk melihat perkembangan Pokémon GO saat ini, sebuah perusahaan pembuat aplikasi bernama AppInstitute telah membuat sebuah halaman khusus untuk menganalisis game tersebut. Dari halaman tersebut, AppInstitute mengklaim kalau saat ini Pokémon GO bisa mendapat pemasukan sebesar US$11 ribu (sekitar Rp144 juta) setiap menitnya, alias US$15,8 juta (sekitar Rp206 miliar) per hari.

Pokemon GO Daily Time Use | Screenshot
Para pengguna perangkat berbasis iOS pun terbukti lebih sering memainkan Pokémon GO dibanding aplikasi populer lainnya, seperti Facebook, Snapchat, dan Twitter. Setiap harinya, pemain Pokémon GO bisa menghabiskan waktu sekitar 33 menit, sedangkan mereka hanya meluangkan waktu 22 menit untuk mengakses Facebook.
Jumlah pengguna harian tertinggi yang dicapai Pokémon GO di Amerika Serikat pun menjadi yang tertinggi di antara game mobile lainnya. Dengan angka 23 juta pengguna, Pokémon GO berhasil mengalahkan prestasi terbaik Candy Crush Saga di tahun 2013 (22 juta pengguna), Draw Something di tahun 2012 (17 juta pengguna), serta Clash Royale di tahun 2016 ini (6 juta pengguna).

Dengan berlanjutnya ekspansi Pokémon GO ke berbagai negara di Eropa dan Jepang, sepertinya akan ada lebih banyak lagi prestasi yang dicapai oleh game ini.

 

Recommended Posts × +