latest Post

Jangan Asal membuang Boarding pass



Jangan hanya menjaga paspor atau bagasi Anda saat melakukan perjalanan dengan pesawat terbang. Boarding pass Anda yang biasanya hanya dicetak di selembar kertas kecil pun harus dijaga. Kertas boarding pass sering kali dipandang sebelah mata.

Dalam sebuah boarding pass termuat informasi nama penumpang, kode penerbangan, destinasi dan keberangkatan, nomor kursi, hingga nomor gate. Banyak orang menganggap ketika perjalanan sudah usai, kertas boarding pass ini pun sudah bisa dibuang karena sudah "basi". Ternyata, barcode pada kertas boarding pass memuat informasi pribadi mulai dari nama, alamat rumah, email, hingga nomor telepon. Barcode ini juga memuat akun frequent flyer Anda, sehingga seorang hacker dengan mudah bisa mengetahui sejarahperjalanan anda hingga kartu kredit.

Cara mengetahuinya mudah saja. Barcode pada kertas boarding pass cukup difoto dan dipindai di situs-situs online pembaca barcode (barcode reader online) ataupun aplikasi pembacaQR code.

Informasi berharga ini bisa dengan mudah dimanfaatkan untuk kejahatan.

jika ingin membuangnya sebaiknya di sobek sampai hancur ataupun dibakar untuk menghindari boarding pass anda digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,

Recommended Posts × +

0 komentar:

Post a Comment