latest Post

Bahaya Gadget Bagi Kesehatan

Hasil gambar untuk bahaya gadget bagi anak

Gadget adalah sebuah obyek teknologi kecil seperti perangkat atau alat yang memiliki fungsi tertentu, tetapi sering dianggap sebagai hal yang baru. Gadget yang selalu dianggap lebih luar biasa atau cerdik dirancang dibandingkan dengan teknologi normal pada saat penemuan mereka. 

Teknologi layar sentuh memang membawa manfaat, tetapi ada juga efek samping bahkan bahaya juga menyertai penggunaan layar sentuh terutama bagi anak SD. Layar sentuh dalam jangka panjang oleh anak bisa melemahkan otot tangan karena saat menggunakan layar sentuh, otot tangan mereka tak terlatih dibandingkan menulis pada kertas.

Jika anak dibiarkan terus-menerus menggunakan layar sentuh, otot tangan mereka akan lemah. Banyak anak yang mengalami keterlambatan pertumbuhan otot atau kelemahan otot di beberapa bagian. Penggunaan layar sentuh tiga sampai empat jam sehari tanpa pengawasan orang tua bisa membahayakan perkembangan anak.

Perangkat elektronik seperti komputer, game, video dan smartphone menjadi bom waktu bagi kesehatan anak. Leher dan punggung mereka banyak yang sakit karena penggunaan dari perangkat elektronik tersebut. Menurut penelitian, tiga dari empat anak SD dan dua dari tiga anak SMA/SMU dilaporkan menderita nyeri leher dan punggung. Gaya hidup modern dan peningkatan pemakaian teknologi membawa efek buruk bagi kesehatan anak. Jika tidak ditangani, maka akan memiliki efek besar bagi generasi mendatang.

Mengapa perkembangan gadget sangat berdampak besar bagi anak SD dari pada SMP atau SMA ? Karena anak SD yang masih berumur 6-12 tahun memiliki sifat keingintahuan dan memiliki sifat meniru orang dewasa atau meniru apa yang dia lihat. Kebanyakan anak usia itu belum bisa memilih mana yang baik dan buruk baginya karena perkembangan otak pada usia itu belum maksimal dibandingkan dengan anak SMP atau SMA.

Dampak negatif penggunaan gadget yang berlebihan bagi anak SD :
Menggangu kesehatan
Gadget dapat mengganggu kesehatan anak karena efek radiasi dari teknologi sangat berbahaya bagi kesehatan manusia karena dapat menyebabkan penyakit kanker, terutama bagi anak-anak yang berusia 12 tahun kebawah. Dapat mengganggu perkembangan anak

Gadget memiliki fitur-fitur yang canggih seperti kamera, video, games dll. Fitur itu semua dapat mengganggu proses pembelajaran di sekolah. Misalnya guru menerangkanmata pelajaran didepan salah satu siswa bermain gadgetnya di belakang atau bisa juga dipergunakan sebagai alat untuk hal-hal yang tidak baik.

Cara pengawasan orang tua pada anaknya dari pengaruh gadget :
Membatasi pemakain gadget
Berikan waktu-waktu tertentu untuk anak-anak memainkan gadget. Jangan terlalu sering memberikan gadget kepada anak-anak karena dapat mempengaruhinya.

Selalu mengontrol isi atau data di dalam gadget
Orang tua perlu mengontrol isi atau data-data di dalam gadget anak minimal sekali dalam seminggu atau mengeceknya secara diam-diam
Memberikan hukuman pada anak

Berikan sanksi atau hukuman kepada anak-anak apabila telah terbukti melakukan kesalahan. Misalnya dengan cara menyita gadget anak tersebut.
Recommended Posts × +