latest Post

Sungai Jakarta Bersih Karena Ahok atau Foke?

Hasil gambar

Sebuah pernyataan dari calon Gubernur DKI Jakarta dalam Pilkada 2017 nanti, Anies Baswedan menggemparkan dunia maya beberapa hari ini. Anies Baswedan mengatakan kalau kondisi sungai Jakarta yang telah bersih adalah berkat program dan rencana dari Gubernur DKI Jakarta 2007-2012, Fauzi Bowo atau Foke.
Seperti dikutip dari Kompas.comAnies yang menyebutkan kalau Jokowi Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama/Ahok hanya lanjutkan program Foke. Atas pernyataan tersebut, netizen pun mencoba buktikan kebenarannya.

"Sungai Bersih Karena Foke" vs "Sungai Bersih Karena Ahok".kompas1-f13d89cbee1288f361445fe410790a1b.jpg
Netizen pun heboh saat sebuah foto yang pencarian di Google pun menghasilkan perbedaan. Ketika kita mengetik "Sungai Bersih Karena Foke", Google justru memberikan anjuran atau Did You Mean untuk mencari "Sungai Bersih Karena Ahok". Ya, nama Ahok yang keluar untuk menggantikan panggilan Fauzi Bowo itu. Hal tersebut pun akhirnya mendapat tanggapan dari Ahok.


Ahok mengatakan kalau sebaiknya Anies lebih rajin dalam mencari di Google. Ahok pun mengaku bahwa hasil pencarian tersebut telah diberikan netizen kepadanya. Ahok bahkan menyinggung Anies dengan mengatakan kalau sosial media Facebook yang diciptakan Mark Zuckerberg itu adalah milik Foke.
Dengan singkatan FB, Ahok mengatakan bisa saja dua huruf itu untuk menggambarkan Fauzi Bowo. Tak hanya tanggapi soal pernyataan dengan kata-kata, Ahok kemudian menjelaskan tentang programnya bersama Jokowi yang telah dimulai empat tahun lalu.

Ahok dan program JEDI-nya.


Bukan, bukan Jedi di film Star Wars, tapi JEDI merupakan singkatan dari Jakarta Emergency Dredging Iniciative (JEDI) atau program pinjaman dana dari Bank Dunia untuk bersihkan sungai. Kepada Beritasatu.com,Ahok menjelaskan kalau JEDI ini sendiri telah disiapkan oleh masalah kepemimpinan Sutiyoso, lalu ditandatangani oleh Foke dan eksekusinya oleh Jokowi.

Ahok sendiri hanya melanjutkan program yang diperuntukan untuk pembiayaan membangun MRT dan membersihkan sungai. Sementara, untuk sungai bersih itu baru benar-benar direalisasikan berkat adalah petugas Penanganan Prasaran dan Saran Umum (PPSU). PPSU memiliki Unit Pelaksana Badan Air yang memantau pembersihkan.

Program JEDI kemudian menyempurnakan tugas PPSU yang memindahkan rumah susun dekat bantaran sungai, kemudian mengeruk dan memperdalam sungai.
Anies Baswedan akan menjadi pesaing Ahok yang berpasangan dengan Djarot sebagai pasangan petahana Pilkada DKI Jakarta. Anies sendiri akan maju bersama Sandiaga Uno.
Recommended Posts × +