latest Post

Hati-hati.. Ini Kebiasaan yang Bisa Mengganggu Kesehatan Ginjal

turunkan-3-kg-dalam-seminggu-tanpa-olahraga-dengan-minum-ini
Ginjal merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting, selain itu kesehatan ginjal juga sangat berpengaruh bagi fungsi bagian tubuh yang lainnya atau beresiko munculnya penyakit lainnya seperti tekanan darah tinggi atau diabetes yang tidak terkontrol oleh karena itu kesehatan ginjal harus di jaga mulai dari konsumsi minuman atau makanan yang sehat dan tidak melakukan kebiasaan yang dapat membahayakan kesehatan ginjal seperti kebiasaan berikut ini.
Kurang Minum
Tak sedikit orang sering lupa memenuhi kebutuhan air putih setidaknya 2 liter per hari atau sekitar 8 gelas, nah kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi hingga mengganggu kesehatan ginjal dalam jangka panjang.
Menahan Buang Air Kecil
Meskipun sedang bepergian atau sedang di perjalanan jangan pernah dibiasakan untuk menahan diri untuk buang air kecil karena kebiasaan menahan buang air kecil terlalu lama dapat menyebabkan akumulasi bakteri dalam ginjal yang kemudian menjadi infeksi yang dapat merusak ginjal.

            Baca Juga : Hati-hati, Lipstik Bisa Mengganggu Kesehatan

Protein Berlebihan
Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak protein ternyata tidak baik karena dapat meningkatkan resiko batu ginjal.
Garam Berlebihan
Selain protein, konsumsi garam yang berlebihan juga berdampak buruk bagi kesehatan ginjal karena makanan asin dapat membuat ginjal bekerja lebih keras untuk mengatur keseimbangan elektrolit dalam darah, kondisi ini berdampak dalam jangka panjang hingga pada akhirnya dapat menyebabkan kegagalan ginjal.
Kebiasaan Minum Obat Penghilang rasa sakit
Memiliki kebiasaan untuk meminum obat penghilang rasa sakit sangat berbahaya dan berdampak buruk bagi kesehatan ginjal karena dapat membatasi aliran darah ke ginjal sehingga menyebabkan kerusakan ginjal secara perlahan. Sebaiknya konsultasikan pada dokter apakah konsumsi obat penghilang rasa sakit diperlukan.
Minum Alkohol
Minum alkohol sangat berbahaya bagi kesehatan terutama untuk ginjal karena bisa menyebabkan penumpukan asam urat yang pada akhirnya bisa mempengaruhi fungsi ginjal. Selain itu kebiasaan minum alkohol juga berbahaya karena dapat meningkatkan resiko penyakit lainnya.
Membiarkan Infeksi
Jangan pernah menyepelekan masalah yang terjadi pada tubuh sekecil apapun seperti infeksi mulai dari infeksi virus flu, tonsilitas, infeksi pada perut dan yang lainnya. Sering mengalami infeksi diduga dapat mempengaruhi fungsi ginjal karena mikroorghanisme akan melewati ginjal saat akan dihilangkan dari tubuh.

Recommended Posts × +

0 komentar:

Post a Comment