latest Post

Hati -hati anda masuk kategori gangguan

Hasil gambar untuk gangguan jiwa
Gangguan mental adalah salah satu penyakit psikologi yang terkadang bisa membuat orang disekitarnya ketakutan bahkan stress. Orang gangguan jiwa sering di kucilkan oleh orang disekitarnya, dari ttetangga, teman bahkan saudara. Gangguan mental sendiri tidak mengenal umur,suku,ras dan agama. Semua orang bisa berpotensi mengidap gangguan jiwa.

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia  gangguan mental ialah ketidakseimbangan jiwa yang mengakibatkan terjadinya ketidaknormalan sikap dan tingkah laku yang dapat menghambat dalam proses penyesuaian diri.Zakiyah Daradjat, mengungkapkan dalam penelitiannya bahwa; gangguan mental adalah kumpulan dari keadaan-keadaan yang tidak wajar (normal) baik yang berhubungan dengan fisik (tingkah laku), kepribadian, kejiwaan, maupun psikis (psikologis).

Lalu, apakah anda termasuk mengidap gangguan mental? Cobalah lihat gejala-gejala gangguan mental berikut ini agar Anda mengetahuinya:

1. Depresi berkepanjangan

Salah satu ciri-ciri orang yang terkena gangguan jiwa adalah satunya aalah depresi yang berkepanjangan, depresi ini bisa karena banyak sebab, dari adanya masalah yang tidak selesai-selesai sampai korban bully yang terus menurus, banyak faktor orang bisa jadi depresi yang berkepanjangan.

2. menarik diri dari lingkungan

Setelah depresi yang berkepanjangan biasanya yang terjadi adalah menarik diri dari lingkungan sosial. Gejala yang satu ini banyak dilakukan oleh para remaja yang mengidap depresi. Pada umumnya manusia cenderung membutuhkan lingkungan sosial untuk berkomunikasi,silaturahmi ataupun bersenda gurau. Tetapi tidak bagi orang yang mengidap gangguan mental, mereka cenderung menarik diri dari lingkunganya.


            Baca Juga : 5 Hal untuk Hidup Bebas Stres



3. Berfikir negatif

Hati-hati bagi Anda yang suka berfikiran negatif terhadap orang lain. Tak pernah ada rasa percaya kepada orang lain. Bahkan kepada diri sendiripun berfikiran negatif, dan Anda harus hati-hati bila sudah mempunyai fikiran ingin bunuh diri. Rata-rata orang yang pernah bilang ingin bunuh diri akan terbukti mati atau masuk rumah sakit karena percobaan bunuh diri. Ini pasti karena ada gangguan jiwa didiri orang seperti ini.

4. Halusinasi

Halussinasi merupakan gangguan persepsi seseorang pada panca indera baik penglihatan, penciuman, peraba maupun pendengaran yang seolah-olah ada penyerapan pada indera tersebut yang padahal tidak ada pada nyatanya. Contohnya adalah seseorang yang dapat mendengar hal-hal yang tidak ada atau bahkan melihat hal-hal yang  sebenarnya tidak ada.

5. Masalah kecil terlihat seperti besar

Orang yang terkena gangguan mental cenderung melihat masalah yang kecil bisa besar, seperti ketakutan yang sangat, cemas dan depresi. Yang padahal masalah itu bagi orang normal adalah biasa dan tidak terlalu besar.


Begitulah gejala-gejal gangguan mental pada seseorang. Kenalilah gejala-gejalanya agar Anda dapat berhati hati dan juga bila ada orang disekeliling Anda ada yang mempunyai gejala tersebut dapat segera ditangani. Ingat, ini bukan vonis untuk menentukan orang sudah gangguan jiwa ataupun belum. Perlu adanya tes dan konseling yang panjang. Tetapi tidak ada salahnya bagi Anda yang sudah merasa ada gejala tersebut segera menghubungi psikolog ataupun psikiater terdekat. Tak perlu malu untuk datang ke psikolog,bukan berarti Anda gila tetapi sekedar untuk berkonsultasi.
Recommended Posts × +